Perbandingan Game Engine dalam Pembuatan Game
Perbandingan Game Engine dalam Pembuatan Game
·
Definisi Game
Engine
Game Engine adalah system perangkat lunak yang
dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin
permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem
operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas
inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (
“renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan
tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming,
manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses
pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali
mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Game Engine memiliki tipe tipe yakni:
·
Roll-your-own game
engine. Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya
menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti mereka menggunakan API seperti XNA,
DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Disisi lain,
mereka kadang menggunakan libraries komersil atau malah open source. Terkadang
mereka malah membuat semuanya dari nol.
·
Mostly-ready game
engines. Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan
pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries
model dan texture, dan segalanya. Banyak dari mereka yang sudah benar benar
matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama.
·
Point-and-click
engines. Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat
dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game
mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan
Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game
point-and-click yang kamu banget.
Beberapa contoh Game Engine yang Free dan Berbayar
Untuk membuat game 3D:
·
Panda 3D *)
·
OGRE *)
·
Esenthel for
noncommercial
·
Unity Free Edition
·
G3D *)
·
Genesis3D *)
·
FPS Creator Free
Edition
·
DarkBASIC Pro Free
Edition
·
Cube 2
(Sauerbraten) *)
·
Unreal Development
Kit
·
Platinum Arts
Sandbox *)
·
CAST II *)
·
3D RAD Pro
·
DX Studio
·
Blender *)
·
Angel ( ini enginenyaNusantara
Online) *) **)
·
Irrlicht *)
·
id Tech (a.k.a
Doom Engine, yang dipakai membuat Doom 2) *)
·
Quake Engine (yang
dipakai menggarap Quake dan HalfLife)*)
·
Untuk membuat game
2D:
·
RPG MAKER 2000
·
RPG MAKER 2003
·
001 Action/RPG
Maker
·
Game maker
·
2D Fighter Maker
·
M.U.G.E.N.
·
Adventure Maker
·
Adventure Game
Studio
·
Stratagus *)
·
Battle for
Westnoth *)
·
RPG Studio *) **)
·
Scirra Construct*)
Note (*) open
source. (**) buatan Indonesia
Commercial engines/game engine berbayar (komersial).
·
Untuk membuat game
3D:
·
3D Game Maker
·
3D Game Studio
·
DarkBASIC
·
TrueVision
·
FPS Creator
·
Blade 3D
·
Source
·
Esenthel for
commercial
·
Torque 3D
·
Shiva 3D
·
CryEngine
·
Untuk membuat game
2D:
·
RPG MAKER VX
·
RPG MAKER XP
·
Game Maker Pro
Perbandingan 2 buah Game Engine dalam pembuatan game
flappy bird
·
Dengan menggunakan
Scratch
Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk
memperkenalkan konsep pemrograman komputer secara sederhana
sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch
menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep
pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti
memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi,
animasi, dan games. Selain itu, Scratch juga memudahkan siswa memahami konsep
logika matematika dan komputer. Dengan Scratch konsep pemrograman dapat
dipahami dengan mudah dan menyenangkan. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh MIT
Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology. Program ini dapat dibuka
pada https://scratch.mit.edu/ di dalam website ini juga terdapat berbagai
macam contoh project aplikasi, animasi dan games yang dibuat dengan Scratch..
Komponen pada Scratch:
·
Toolbar
Pada gambar toolbar berikut terdapat beberapa menu
atau pilihan seperti Language, File, Edit, Tips, About, Duplicate, Delete,
Grow, Shrink dan Block Help berikut penjelasan dan fungsi menu toolbar
tersebut.
Kelompok toolbar berikut terdiri dari 10 menu yaitu :
1) Languange atau
Bahasa, berfungsi untuk mengubah bahasa
2) File
3) Edit
4) Tips
5) About
6) Duplicate, berfungsi
untuk menggandakan objek dalam kolom sprite
7) Delete, berfungsi
untuk menghapus suatu objek dalam kolom sprite
8) Grow, berfungsi untuk
memperbesar suatu objek dalam kolom sprite
9) Shrink, berfungsi
untuk memperkecil suatu objek dalam kolom sprite
10) Block Help, berfungsi sebagai tips dalam
membuat suatu objek dalam kolom sprite
·
Block palette
script
Blocks Palette adalah Blok untuk memprogram sprite.
Blocks Palette Scripts adalah Blok yang berisi fungsi atau kode perintah untuk
memprogram suatu sprite. Script pada program Scratch
divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah
puzzle
·
Motion
Digunakan
untuk membuat gerakan
·
Looks
Mengatur tentang tampilan
·
Sound
Mengatur suara dalam game
·
Pen
Membuat gambaran bayangan
·
Data
Untuk membuat variable dan membuat list
·
Event
Perintah awal dimana mengatur gerakan awal
·
Control
Dapat mengontrol game seperti perulangan waktu, logika
if dsb
·
Sensing
Untuk mengatur apabila akan menyentuh sesuatu sesuai
perintah. misalnya, sensor digunakan untuk memberi aba-aba apa yang harus
dilakukan objek ketika objek lain disentuh, mengatur apa yang akan terjadi
ketika tombol spasi pada mouse ditekan
·
Operators
Operator digunakan untuk memberi perintah menjalankan
operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, atau juga untuk membuat
hubungan antar objek misalnya dengan memilih operator “dan” atau “atau
·
More blocks
Berisi perintah
untuk membuat blocks baru jika diperlukan
·
Blocks palette
custom
Costumes merupakan bagian pencetak tokoh. Tokoh-tokoh
yang akan dibuat games maupun film animasi bisa di bentuk disini, bisa diambil
langsung dari program scratch, bisa juga di import dari komputer.
·
Blocks palette
sound
Sound merupakan suara dari komputer untuk games maupun
animasi yang kita buat. Kita bisa mengimport suara dari komputer dan kita juga
bisa membuat instrumen sendiri dari Block Pallete bagian sound.
·
Stage
Stage adalah Tempat untuk melihat cerita, animasi,
atau game yang telah dibuat. Stage terdiri dari dari beberapa komponen berikut
:
1) Sprite, di bagian kanan bawah itu
ada sprite 1. Sprite bisa diperbanyak lagi dan di edit sesuai kebutuhan.
2) Stage Backdrop atau Background,
merupakan latar belakang agar games ataupun film animasi yang kita buat bisa
lebih menarik.
3) Green Flag, Untuk
Menjalankan script dari cerita yang telah dibuat
4) Stop Sign, Untuk
menghentikan semua script dari sebuah cerita
5) View Mode, Untuk mengubah
stage menjadi besar atau kecil
6) New Sprite
Button, Membuat sebuah karakter baru atau objek untuk project kita.
Tampilan pada
pembuatan game flappy bird, dalam
Scratch pembuatan algoritma dilakukan perlayer, dan dengan memilih palette
script dengan cara drag script tersebut
Kelebihan membuat game flappy bird dengan Scratch ini
adalah
1.Scratch memiliki ukuran yang kecil dibandingkan
bahasa pemrograman yang lain.
2.Antar muka (interface) yang sangat sederhana dan
mudah digunakan untuk semua kalangan
3. lebih mudah belajar logika pemrograman tanpa harus
dirumitkan dengan penulisan sintaks dalam bahasa pemrograman pada umumnya.
4.Scratch membantu dalam membuat cerita interaktif,
animasi dan game.
5.Scratch memungkinkan setiap orang dengan mudah
menggabungkan gambar, suara maupun video tanpa harus memiliki kemampuan khusus
di bidang pemrograman.
6.Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol.
7.Scratch mampu dijalankan pada sistem operasi
Windows, Linux maupun Macintosh
·
Dengan menggunakan
unity
Salah satu Game Engine dalam awal pembuatan game flappy
bird ini adalah menggunakan aplikasi Unity 3D , Unity 3D adalah sebuah Game
Engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakn untuk membuat game
yang bisa digunakan pada perangkat komputer, Smart Phone Android, iPhone, PS3,
dan X-BOX.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video
game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang
interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan
menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac.
Unity merupakan suatu aplikasi untuk mengembangkan
game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Grafis pada unity
dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung
semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art
applications.
Unity 3d adalah salah satu software yang bagus untuk
mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software atau aplikasi yang
interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity
lebih tepat dijelaskan sebagai salah satu software untuk mengembangkan
video game atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan game engine
yang lain contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity sebanding
dengan mereka ( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama – sama
menggunakan grafis yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.
Dan kita akan membahas sedikit sejarah tentang
aplikasi Unity ini. Sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali
sebagai versi pra – rilis dengan GooBall sebuah video game yang didesain khusus
untuk Apple Macintosh.
GooBall, dengan unity pra – rilis , telah diluncurkan
atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity diluncurkan
secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua bulan setelahnya
yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi
pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam
kategori “Best OS X Graphics”.
Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi
1.0.1, banyak pembaharuan (Update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan
selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang secara terus –
menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0 yang telah diumumkan pada
bulan Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih didalam pre order, yang mana
artinya pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya software masih belum rilis
untuk pengiriman
Lebih dari beberapa tahun banyak game yang
dikembangkan dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih ketetapan berada
dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang
ini dalam perkembangan dan waktunya rilis berikutnya pada tahun ini, WolfQuest,
yang mana rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah
dibuat pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru
yang dapat berjalan di Unity.
Serta ada beberapa Fitur-fitur yang disediakan oleh
Unity, Diantaranya :
·
Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D.
·
Scripting
Programmer dapat menggunakan UnityScript dalam bentuk
JavaScript, C#, atau Boo.
·
Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah
solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script.
·
Platforms
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10,
Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web
Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak
semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang
dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
·
Asset Store
Asset store terdiri dari 3D models, textures dan
materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project,
scripting package, editor extensions dan servis online.
·
Physics
Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX
physics engine dari Nvidia
Dalam pembuatan flappy bird dengan unity
Menggunakan Bahasa C# dalam pembuatannya
Kelebihan dalam menggunakan unity dalam pembuatan game
flappy bird
·
Gratis
·
Multiplatform
·
Mempercepat desain
level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG
thanks to:
https://fikrinm93.wordpress.com/2015/05/07/pengertian-game-engine-dan-tipe-tipe-game-engine/
https://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/04/12/pengertian-game-engine/
http://skatel-xiv-121967.blogspot.co.id/2014/10/scratch.html
http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/
https://en.wikipedia.org/wiki/Unity_(game_engine)
https://unity3d.com
https://scratch.mit.edu/
http://andreeko28.blogspot.co.id/2017/04/perbandingan-game-engine.html#more
https://mxac.wordpress.com/
thanks to:
https://fikrinm93.wordpress.com/2015/05/07/pengertian-game-engine-dan-tipe-tipe-game-engine/
https://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/04/12/pengertian-game-engine/
http://skatel-xiv-121967.blogspot.co.id/2014/10/scratch.html
http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/
https://en.wikipedia.org/wiki/Unity_(game_engine)
https://unity3d.com
https://scratch.mit.edu/
http://andreeko28.blogspot.co.id/2017/04/perbandingan-game-engine.html#more
https://mxac.wordpress.com/
Komentar
Posting Komentar