Perbandingan Game Engine dalam Pembuatan Game


Perbandingan Game Engine dalam Pembuatan Game

·        Definisi Game Engine

Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Game Engine memiliki tipe tipe yakni:

·         Roll-your-own game engine. Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Disisi lain, mereka kadang menggunakan libraries komersil atau malah open source. Terkadang mereka malah membuat semuanya dari nol.

·         Mostly-ready game engines. Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya. Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama.

·         Point-and-click engines. Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.


Beberapa contoh Game Engine yang Free dan Berbayar

Untuk membuat game 3D:

·         Panda 3D *)

·         OGRE *)

·         Esenthel for noncommercial

·         Unity Free Edition

·         G3D *)

·         Genesis3D *)

·         FPS Creator Free Edition

·         DarkBASIC Pro Free Edition

·         Cube 2 (Sauerbraten) *)

·         Unreal Development Kit

·         Platinum Arts Sandbox *)

·         CAST II *)

·         3D RAD Pro

·         DX Studio

·         Blender *)

·         Angel ( ini enginenyaNusantara Online) *) **)

·         Irrlicht *)

·         id Tech (a.k.a Doom Engine, yang dipakai membuat Doom 2) *)

·         Quake Engine (yang dipakai menggarap Quake dan HalfLife)*)

·         Untuk membuat game 2D:

·         RPG MAKER 2000

·         RPG MAKER 2003

·         001 Action/RPG Maker

·         Game maker

·         2D Fighter Maker

·         M.U.G.E.N.

·         Adventure Maker

·         Adventure Game Studio

·         Stratagus *)

·         Battle for Westnoth *)

·         RPG Studio *) **)

·         Scirra Construct*)

Note (*) open source. (**) buatan Indonesia



Commercial engines/game engine berbayar (komersial).

·         Untuk membuat game 3D:

·         3D Game Maker

·         3D Game Studio

·         DarkBASIC

·         TrueVision

·         FPS Creator

·         Blade 3D

·         Source

·         Esenthel for commercial

·         Torque 3D

·         Shiva 3D

·         CryEngine

·         Untuk membuat game 2D:

·         RPG MAKER VX

·         RPG MAKER XP

·         Game Maker Pro



Perbandingan 2 buah Game Engine dalam pembuatan game flappy bird

·         Dengan menggunakan Scratch

Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan   konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi, dan games. Selain itu, Scratch juga memudahkan siswa memahami konsep logika matematika dan komputer. Dengan Scratch konsep pemrograman dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology.  Program ini dapat dibuka pada https://scratch.mit.edu/ di dalam website ini juga terdapat berbagai macam contoh project aplikasi, animasi dan games yang dibuat dengan Scratch..



Komponen pada Scratch:

·         Toolbar

Pada gambar toolbar berikut terdapat beberapa menu atau pilihan seperti Language, File, Edit, Tips, About, Duplicate, Delete, Grow, Shrink dan Block Help berikut penjelasan dan fungsi menu toolbar tersebut.



Kelompok toolbar berikut terdiri dari 10 menu yaitu :

1)      Languange atau Bahasa, berfungsi untuk mengubah bahasa

2)      File

3)      Edit

4)      Tips

5)      About

6)      Duplicate, berfungsi untuk menggandakan objek dalam kolom sprite

7)      Delete, berfungsi untuk menghapus suatu objek dalam kolom sprite

8)      Grow, berfungsi untuk memperbesar suatu objek dalam kolom sprite

9)      Shrink, berfungsi untuk memperkecil suatu objek dalam kolom sprite

10)  Block Help, berfungsi sebagai tips dalam membuat suatu objek dalam kolom sprite

·         Block palette script



Blocks Palette adalah Blok untuk memprogram sprite. Blocks Palette Scripts adalah Blok yang berisi fungsi atau kode perintah untuk memprogram suatu sprite. Script pada program Scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle

·         Motion

Digunakan untuk membuat gerakan





·         Looks

Mengatur tentang tampilan




·         Sound

Mengatur suara dalam game











·         Pen

Membuat gambaran bayangan

           


·         Data

Untuk membuat variable dan membuat list
















·         Event

Perintah awal dimana mengatur gerakan awal




·         Control

Dapat mengontrol game seperti perulangan waktu, logika if dsb




·         Sensing

Untuk mengatur apabila akan menyentuh sesuatu sesuai perintah. misalnya, sensor digunakan untuk memberi aba-aba apa yang harus dilakukan objek ketika objek lain disentuh, mengatur apa yang akan terjadi ketika tombol spasi pada mouse ditekan



·         Operators

Operator digunakan untuk memberi perintah menjalankan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, atau juga untuk membuat hubungan antar objek misalnya dengan memilih operator “dan” atau “atau



·         More blocks

Berisi perintah untuk membuat blocks baru jika diperlukan  







·         Blocks palette custom

Costumes merupakan bagian pencetak tokoh. Tokoh-tokoh yang akan dibuat games maupun film animasi bisa di bentuk disini, bisa diambil langsung dari program scratch, bisa juga di import dari komputer.



·         Blocks palette sound

Sound merupakan suara dari komputer untuk games maupun animasi yang kita buat. Kita bisa mengimport suara dari komputer dan kita juga bisa membuat instrumen sendiri dari Block Pallete bagian sound.



·         Stage

Stage adalah Tempat untuk melihat cerita, animasi, atau game yang telah dibuat. Stage terdiri dari dari beberapa komponen berikut :

1)   Sprite, di bagian kanan bawah itu ada sprite 1. Sprite bisa diperbanyak lagi dan di edit sesuai kebutuhan.

2)   Stage Backdrop atau Background, merupakan latar belakang agar games ataupun film animasi yang kita buat bisa lebih menarik.

3)      Green Flag, Untuk Menjalankan script dari cerita yang telah dibuat

4)      Stop Sign, Untuk menghentikan semua script dari sebuah cerita

5)      View Mode, Untuk mengubah stage menjadi besar atau kecil

6)      New  Sprite Button, Membuat sebuah karakter baru atau objek untuk project kita.





Tampilan  pada pembuatan  game flappy bird, dalam Scratch pembuatan algoritma dilakukan perlayer, dan dengan memilih palette script dengan cara drag script tersebut



Kelebihan membuat game flappy bird dengan Scratch ini adalah

1.Scratch memiliki ukuran yang kecil dibandingkan bahasa pemrograman yang lain.

2.Antar muka (interface) yang sangat sederhana dan mudah digunakan untuk semua kalangan

3. lebih mudah belajar logika pemrograman tanpa harus dirumitkan dengan penulisan sintaks dalam bahasa pemrograman pada umumnya.

4.Scratch membantu dalam membuat cerita interaktif, animasi dan game.

5.Scratch memungkinkan setiap orang dengan mudah menggabungkan gambar, suara maupun video tanpa harus memiliki kemampuan khusus di bidang pemrograman.

6.Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol.

7.Scratch mampu dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux maupun Macintosh





·         Dengan menggunakan unity

Salah satu Game Engine dalam awal pembuatan game flappy bird ini adalah menggunakan aplikasi Unity 3D , Unity 3D adalah sebuah Game Engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakn untuk membuat game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, Smart Phone Android, iPhone, PS3, dan X-BOX.

Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac.



Unity merupakan suatu aplikasi untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications.

Unity 3d adalah salah satu software yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat  dijelaskan sebagai salah satu software untuk mengembangkan video game atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan game engine yang lain contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity sebanding dengan mereka ( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama – sama menggunakan grafis yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.

Dan kita akan membahas sedikit sejarah tentang aplikasi Unity ini. Sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan GooBall sebuah video game yang didesain khusus untuk Apple Macintosh.

GooBall, dengan unity pra – rilis , telah diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.

Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam kategori “Best OS X Graphics”.

Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi 1.0.1, banyak pembaharuan (Update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang secara terus – menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0 yang telah diumumkan pada bulan Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih didalam pre order, yang mana artinya pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya software masih belum rilis untuk pengiriman

Lebih dari beberapa tahun banyak game yang dikembangkan dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih ketetapan berada dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang ini dalam perkembangan dan waktunya rilis berikutnya pada tahun ini, WolfQuest, yang mana rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah dibuat pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru yang dapat berjalan di Unity.





Serta ada beberapa Fitur-fitur yang disediakan oleh Unity, Diantaranya :



·         Rendering

Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D.

·         Scripting

Programmer dapat menggunakan UnityScript dalam bentuk JavaScript, C#, atau Boo.

·         Asset Tracking

Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script.

·         Platforms

Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.

·         Asset Store

Asset store terdiri dari 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.

·         Physics

Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine dari Nvidia





Dalam pembuatan flappy bird dengan unity



Menggunakan Bahasa C# dalam pembuatannya



Kelebihan dalam menggunakan unity dalam pembuatan game flappy bird

·         Gratis

·         Multiplatform

·         Mempercepat desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG


thanks to:
https://fikrinm93.wordpress.com/2015/05/07/pengertian-game-engine-dan-tipe-tipe-game-engine/
https://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/04/12/pengertian-game-engine/
http://skatel-xiv-121967.blogspot.co.id/2014/10/scratch.html
http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/
https://en.wikipedia.org/wiki/Unity_(game_engine)
https://unity3d.com
https://scratch.mit.edu/
http://andreeko28.blogspot.co.id/2017/04/perbandingan-game-engine.html#more
https://mxac.wordpress.com/

Komentar